Bingung Menghadapi Pasangan yang Moodyan

Bingung Menghadapi Pasangan yang Moodyan

Saat Anda jatuh hati, Anda bingung memikir Menghadapi Pasangan yang Moodyan jika pasangan Anda dan hubungan Anda – prima, kan?

Ide jika satu dari Anda kemungkinan secara emosional tidak konstan ialah hal yang paling jauh dari pemikiran Anda.

Apalagi, jatuh hati mengakibatkan otak Anda melepas semua tipe bahan kimia hati-nyaman yang membuat Anda berasa seperti ada di Cloud 9.

Bingung Menghadapi Pasangan yang Moodyan? Inilah hal yang bisa kamu Lakukakan

Bingung Menghadapi Pasangan Moodyan namun kenyataannya, saat dipindai, otak seorang yang lagi jatuh hati nampak benar-benar serupa dengan otak seorang siapakah yang memakai kokain. Jadi, Anda betul-betul berasa “suka” saat jatuh hati!

Baca Juga: Kekecewaan Dalam Sebuah Pernikahan

Tetapi, sama seperti yang umumnya dari kita kenali, hati ada di Surga dengan cinta baru Anda menghilang sesudah sesaat. Otak Anda pada akhirnya stop membuat banyak bahan kimia yang membuat Anda berasa nyaman, dan Anda perlahan-lahan mulai normal kembali.

Sebenarnya, babak cinta ini tidak selalu harus bermakna jelek. Itu cuman bukti kehidupan.

Sesaat sebagian orang lagi hidup berbahagia selama-lamanya, lainnya mulai mengetahui jika “pasangan prima” mereka tidak demikian prima kembali. Kenyataannya, beberapa bahkan juga mengetahui jika pasangan mereka betul-betul tidak konstan secara emosional.

Uh oh. Apa yang Anda kerjakan waktu itu terjadi? Ini nyaris tidak dapat dipercayai – secara harfiah. Bagaimana orang ini beralih menjadi seorang yang bahkan juga nyaris tidak Anda kenali?

Permasalahannya ialah Anda mungkin menyukai orang itu. Apabila itu betul, bagaimana Anda hadapi pasangan Anda yang tidak konstan secara emosional?

Saat sebelum kita mengulas langkah melawannya, pertama kali silahkan kita awali dengan bicara mengenai langkah mengenal tanda-tanda pribadi yang tidak konstan secara emosional.

Tanda-tanda Jadi Tidak Konstan Dan Bingung Menghadapi Pasangan Moodyan

Kita alami hari-hari jelek dan situasi hati kita berbeda – itu cuman karakter manusia. Tetapi bagaimana Anda ketahui saat seorang sudah melalui batasan dari cuman mempunyai emosi normal setiap hari jadi betul-betul tidak konstan secara emosional? Ini beberapa pertanda.

  • Ledakan Geram

Tiap orang kadang geram. Itu ialah peristiwa normal dan alami untuk tiap manusia. Bagaimana juga, bagaimana Anda ekspresikan amarah Anda ialah kunci hubungan yang sehat. Jadi, bila pasangan Anda nampaknya mempunyai luapan kemarahan tanpa argumen yang pasti (atau sebab beberapa hal kecil), karenanya pertanda.

  • Begitu Menegangkan

Satu kali lagi, kita alami beberapa hal yang tidak kita gemari dalam kehidupan kita. Tapi beberapa orang cuman melawannya, coba mengganti beberapa hal, dan meneruskan hidup mereka. Orang yang tidak konstan, bagaimana juga, akan mengganti hidup mereka jadi sinetron tanpa akhir saat mereka tidak memerlukannya.

  • Gaslighting

Gaslighting secara psikis merekayasa seseorang untuk menanyakan kewarasan mereka sendiri. Misalkan, bila mereka menjelaskan akan lakukan suatu hal, mereka akan menyanggah pernah menjelaskannya saat Anda mengungkitnya. Selanjutnya, Anda bertanya apa mereka betul-betul menjelaskannya atau cuman memikirkannya saja. Tetapi itu cuman satu contoh.

  • Perombakan Situasi Hati

Situasi hati orang berbeda itu normal. Tidak ada yang dapat berbahagia 100% setiap waktu, kan? Tapi untuk sejumlah besar, perombakan mood relatif kecil. Umumnya bergantung pada suatu hal di luar dianya. Tapi orang yang tidak konstan bisa alami perombakan situasi hati yang berlebihan tanpa argumen yang pasti.

  • Amarah yang Tidak Patut

Saat banyak orang geram, umumnya pada seorang yang dekat dengannya. Itu logis, sebab mereka ialah beberapa orang yang tersering bersama kita habiskan waktu. Tapi bila pasangan Anda kerap berteriak ke pelayan di restaurant atau seseorang secara acak, itu kurang sehat.

  • Minimnya Empati

Empati ialah kekuatan untuk rasakan apa yang seseorang rasakan dan untuk menyaksikan suatu hal dari pemikiran mereka – tidak cuma dari pemikiran Anda. Orang yang tidak konstan secara emosional biasanya tidak bisa lakukan ini. Mereka cuman menyaksikan dari segi keadaan mereka sendiri.

  • Berusaha untuk “Satu” Anda

Mereka kelihatannya selalu ada dalam persaingan perebutan kekuasaan dengan Anda. Misalkan, bila Anda alami hari yang jelek, mereka akan memberitahu Anda begitu jeleknya hari mereka. Atau, bila Anda sedang berkelahi, mereka akan usaha memperoleh kemampuan untuk “menang” dan membuat Anda kalah.

  • Ketakmampuan untuk Mengaku Saat Mereka Salah

Orang yang tidak konstan secara emosional tidak dapat mengaku saat mereka salah. Kenyataannya, mengaku jika mereka salah ialah teror untuk kesejahteraan psikis mereka. Itu mengguncangkan pokok dari diri sendiri dan jati diri mereka. Jadi, mereka tidak pernah mengaku “kekalahan”, bahkan juga bila mereka sembunyi-sembunyi tahu jika mereka salah.

  • Sense of Entitlement

Mereka berpikir mereka patut memperoleh segala hal, dan tidak ada yang penting didapat. Misalkan, mereka tuntut Anda lakukan suatu hal buat mereka sebab menurutnya itu hak mereka untuk melakukan.

  • Bermasalah Dengan Permasalahan Secara Irasional

Langkah terhebat untuk menangani permasalahan dalam hubungan dengan mempunyai ke-2 orang di team yang serupa, dan supaya mereka mendapati jalan keluar bersama. Tetapi, orang yang tidak konstan secara emosional tidak bisa lakukan ini sebab mereka cuman menyaksikan suatu hal secara emosional, bukan secara rasional.

  • Begitu Intensif

Intensif ekspresikan emosi mereka benar-benar ekstrim. Mereka condong tidak moderat dalam tiap hubungan mereka. Ini kemungkinan memunculkan hati berjalan di atas kulit telur di seputar mereka sebab Anda takut dengan komunikasi intensif mereka.

  • Mempersalahkan Orang Lain

Orang yang tidak konstan tak pernah bercermin dan bertanggungjawab secara individu atas perlakuan mereka. Kebalikannya, mereka selalu menunjuk seseorang dan menyalahkan orang  atas kesalahan dalam kehidupan mereka.

Bagaimana Hadapi Pasangan yang Tidak Konstan Secara Emosional

Saat ini sesudah kita mengenali beberapa tanda dan tanda-tanda orang yang tidak konstan secara emosional, berikut sejumlah hal yang bisa Anda kerjakan untuk menanganinya.

  1. Mundur dan Perhatikan

Tanya dalam diri sendiri apa Anda lakukan kekeliruan. Sebab mereka condong mengkritik seseorang (saksikan di atas), orang yang tidak konstan secara emosional membuat Anda menanyakan perlakuan dan kewarasan Anda. Berlakulah netral, dan perhatikan mereka dan diri Anda sendiri. Apa Anda betul – betul lakukan kekeliruan? Kemungkinan tidak.

  1. Peroleh Sudut pandang Orang Lain

Katakan cerita Anda ke orang yang Anda sayangi. Beritahu mereka apa yang terjadi dalam hubungan Anda, dan peroleh opini mereka mengenai apa pasangan Anda melakukan tindakan terlalu berlebih atau mungkin tidak, atau apa Anda betul-betul lakukan kekeliruan. Seorang di luar peluang akan mempunyai penglihatan yang lebih terang mengenai apa yang lagi terjadi.

  1. Tidak boleh Mainkan Sinetron Mereka

Seperti kata peribahasa, “Diperlukan 2 orang untuk menari tango.” Dalam kata lain, seorang tidak bisa mainkan game sendiri. Mereka memerlukan seseorang untuk berperan serta. Tetapi jangan putus asa pada sinetron mereka. Tolak untuk tersangkut didalamnya dan pergilah.

  1. Pergi Saat Mereka Serang Anda

Bila dan saat mereka serang Anda secara verbal, psikis, atau emosional, meninggalkan pembicaraan. Jangan dibiarkan mereka lakukan itu ke Anda! Menuntut supaya mereka bicara dengan Anda secara baik, dan tidak boleh terima apa saja yang kurang dari itu. Bila mereka tidak dapat menghargai Anda, mengakhiri pembicaraan sampai mereka dapat.

  1. Tuntut Rasa Hormat

Peringatkan mereka jika langkah mereka bicara ke Anda tidak bisa diterima. Satu perihal yang penting untuk dikenang ialah ini: Anda mengajarkan orang bagaimana perlakukan Anda. Menuntut supaya mereka perlakukan Anda dengan hormat [2].

  1. Masih Tenang

Tidak boleh terjerat dalam badai emosi mereka. Ini gampang dilaksanakan sebab Anda pengin bela diri, tapi ini cuman berperanan dalam sinetron mereka. Coba untuk selalu tenang dan logis oleh karena itu salah satu langkah orang bisa bicara secara sehat.

  1. Tidak boleh Jatuh pada Gaslighting

Saat mereka berusaha untuk menyinari Anda, tolaklah untuk menerimanya. Tulis beberapa hal yang mereka ucapkan dan apa yang mereka kerjakan, jadi Anda punyai catatan. Saat mereka coba menyanggah beberapa hal yang membuat Anda nampak edan, mengeluarkan catatan Anda dan perlihatkan kebenarannya ke mereka.

  1. Anjurkan Therapy

Kerap kali, orang yang tidak konstan secara emosional tidak dapat jadi lebih baik sendirinya. Ke terapi atau psikiater terbiasa ialah suatu hal yang kemungkinan harus mereka kerjakan – baik sendiri, dan kemungkinan sebagai pasangan.

  1. Bila Semua Tidak berhasil, Mengakhiri Hubungan

Sayang, tidak seluruhnya hubungan dapat bertahan – bahkan juga pada kondisi terhebat. Bila Anda sudah coba semuanya yang Anda dapat untuk membenahi hubungan Anda dan membuat sehat dengan seorang yang secara emosional tidak konstan, kadang itu cuman waktu untuk akhiri hubungan dan mendapati orang yang lain lebih pas dengan Anda.

Ada dalam hubungan sama orang yang tidak konstan secara emosional tak pernah gampang. Anda berasa seperti Anda tidak tahu bagaimana mereka akan melakukan tindakan atau apa yang akan mereka ucapkan seterusnya. Tetapi itu bukan langkah untuk hidup. Tiap orang memiliki hak ada dalam hubungan yang berbahagia dan sehat. Janganlah lupa untuk cukup menyukai diri kita dengan memprioritaskan diri kita dan kebahagiaan Anda!